Alasan Kenapa Indonesia Tidak Cocok Dengan Energi Nuklir

Tuesday, November 5th 2013. | Ensiklopedia

 photo Reaktor-nuklir11_zps2028f057.jpgAda wacana pemerintah tentang pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia. Wacana ini mendapat sorotan tajam dari beberapa ahli. Hal ini dikarenakan banyak hal. Diantaranya adalah:

Indonesia berada di jalur cincin api (ring of fire) seperti Jepang yang rentan terhadap bencana gempa dan tsunami.
Energi nuklir tidak cocok untuk kondisi Indonesia, karena Indonesia adalah negara kepulauan.
Membutuhkan biaya yang mahal untuk mendistribusikan energi ke seluruh Indonesia karena harus didistribusikan melalui penyeberangan laut.
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber energi. Sumber energi alternatif yang bisa menggantikan peran nuklir adalah geothermal atau energi panas bumi. Saat ini kapasitas geothermal Indonesia masih di bawah Filipina, yaitu sebesar 2 ribu Megawatt. Jika kapasitas energi geothermal Indonesia ditingkatkan menjadi 4 ribu megawatt, maka Indonesia akan menjadi nomor satu di dunia dalam energy geothermal.

Belum lagi, Indonesia juga kaya dengan potensi tenaga surya dan air. Dirut PLN menyatakan ada lima pulau di Indonesia yang potensial untuk pengembangan energi surya. Tenaga surya ini cukup bersih dan ramah lingkungan dan sangat sesuai dengan kondisi rakyat Indonesia. Hanya saja, kendala pengembangan energy alternative terletak pada kebutuhan biaya yang cukup besar.

tags: , , , , ,