Macam-Macam Panggilan Orang Dalam Budaya Jepang

Thursday, December 26th 2013. | Japanese

Nihonjin atau Orang Jepang, memiliki nama yang cukup khas dan mudah dikenali. Sama halnya seperti budaya barat, nama orang Jepang juga menggunakan dua nama, yaitu nama panggilan dan nama keluarga. Namun yang sedikit membedakan adalah aturan penulisan. Untuk penulisan dengan menggunakan huruf kanji, nama keluarga berada di awal kemudian diikuti nama yang bersangkutan, contoh Yamada Megumi. Lain lagi bila ditulis menggunakan huruf romawi, maka nama keluarga terletak dibelakang.

Jangan kaget bila kita sering menemui di anime atau manga yang memanggil seseorang dengan menyebut nama keluarganya saja, karena seperti Eropa, nama panggilan (nama asli) hanya dipakai untuk sahabat dekat dan lingkungan keluarga saja.

Berikut adalah beberapa nama panggilan yang digunakan untuk memanggil orang yang baru dikenal atau yang sudah kenal akrab:

.sama adalah panggilan yang sangat formal untuk orang yang kita hormati seperti atasan, presiden, dll.
.dono adalah panggilan setingkat dibawah -sama, tapi juga menandakan rasa hormat.
.sensei adalah panggilan orang lain yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan juga bisa digunakan pada orang yang memberi pelatihan ataupun servis pada kita. Contoh: guru, dokter, mangaka
.senpai adalah panggilan untuk senior.
.san adalah panggilan untuk orang yang baru kita kenal atau belum akrab atau bisa juga untuk orang yang kita hormati [baik pria maupun wanita]. -san umum dipakai dalam bahasa formal dan sehari-hari.
.chan adalah panggilan untuk anak kecil, sahabat atau orang yang sudah akrab. Panggilan ini juga bisa untuk panggilan hewan peliharaan kita. -chan umumnya dipakai untuk panggilan wanita.
.kun adalah panggilan untuk anak kecil [laki-laki] atau pria yang sudah dekat dengan kita.

tags: