Mandi Air Hangat = Pergi ke Panti Pijat

Wednesday, August 22nd 2012. | Kesehatan

Menurut berbagai penelitian ilmiah yang pernah dipublikasikan, pijat dan mandi air hangat, sama-sama merangsang produksi hormon oksitosin. Hormon yang disebut hormon kebahagiaan ini fungsinya meredakan stres dan membangun pikiran positif sehingga tidak gampang marah atau gelisah.

Beberapa cara yang diyakni bisa meningkatkan produksi hormon kebahagiaan adalah sebagai berikut:

1. Pelihara binatang
Mengelus-elus kucing atau anjing selama beberapa menit bisa merangsang pelepasan oksitosin. Apapun jenis peliharaannya, yang memicu pelepasan hormon pada dasarnya adalah sentuhannya saat mengelus-elus.

2. Mandi air hangat
Sebuah penelitian di Swedia menunjukkan, peningkatan suhu tubuh dapat meningkatkan kadar oksitosin di dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mandi air hangat.

3. Nonton drama
Oksitosin memingkinkan seseorang untuk terhubung pada level emosional, jadi tidak perlu heran jika dikatakan bahwa tontonan seperti film-film drama yang emosional akan sangat mempengaruhi produksi oksitosin. Saat membutuhkan kebahagiaan, jauhi film-film serius lalu beralihlah ke drama.

4. Pijat
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Evolution and Human Behavior, kontak fisik dengan orang lain dapat merangsang oksitosin. Tidak selalu harus dengna bersetubuh, melakukan pijat dengan tukang urut profesional juga bisa memberikan efek yang sama.

5. Mendengarkan musik
Penelitian di Journal of Clinical Nursing menunjukkan bahwa pasien operasi jantung cenderung lebih cepat sembuh jika sering mendengarkan musik. Rahasianya adalah, musik meningkatkan produksi oksitosin sehingga pasien bisa berpikir lebih positif dan masa penyembuhannya jadi lebih cepat.

6. Jalin komunikasi dengan orang sekitar
Tidak harus ketemu muka, komunikasi di masa kini bisa terjalin melalui internet baik sekedar saling berkirim pesan maupun menggunakan fasilitas webcam. Apapun cara yang digunakan, perasaan saling terhubung dengan orang-orang di sekitar akan membuat level kebahagiaan meningkat.

Source: detik

tags: , , , , , ,