Memindah Lokasi My Documents

Wednesday, April 13th 2011. | Tekno, Tips & Trik

Bagi yang hobi instal ulang, pasti bakalan kerepotan dengan isi My Documents-nya. Kadang ada beberapa data penting kita atau hasil download-an kita sudah ter-default ke My Document. Memang default awal dari Windows, lokasi My Document berada di drive C, tetapi default ini bisa diubah loh.

 


Dari sepengalaman saya, penyimpanan My Document yang berada di drive C dirasa kurang aman, contohnya apabila komputer kita terserang virus yang mengharuskan kita menginstal ulang, sehingga data di My Document bakalan hilang juga. Nah dengan mengubah lokasi default My Document, maka kejadian hilangnya data saat menginstal ulang bisa terhindarkan.

Berikut adalah caranya. Dalam contoh kali ini, kita ambil Drive E sebagai default lokasi My Document.
– Caranya dengan klik kanan My Documents dan pilih Properties
– Klik tombol Move dan pilih lokasi baru tempat penyimpanan dokumennya, misalnya drive E:

Cara ini hanya merubah lokasi My Documents ke lokasi baru, sehingga data di My Documents yang lama tidak akan terhapus. Untuk memindah datanya, kita bisa lakukan dengan manual (copy-paste)

Selesai dah, lokasi My Document kita sudah berubah, jadi kita sudah bisa lega bila suatu hari komputer kita terserang virus yang menyebabkan kita harus menginstal ulang. Semoga bermanfaat :)

tags: ,