Pengertian Mainstream Anime/Manga

Sunday, December 22nd 2013. | Ensiklopedia, Japanese

Mainstream adalah fandom yang besar, mudah ditemukan dan biasanya banyak pengikutnya. Fandom sendiri merupakan istilah untuk fans atau bisa dibilang fanbase yang mengabdikan bagian dari kehidupan mereka untuk mengikuti atau mengagumi orang tertentu, kelompok, atau tim. Singkatnya, Mainstream adalah sesuatu yang sedang booming, trend, dan semua orang tahu. Mainstream anime atau manga adalah mengandung inti: segala umur, mudah dicerna, sesuai dengan trend/selera pasar, dan tidak melanggar ‘norma’ publik.

Untuk bisa mencapai tingkatan mainstream, dibutuhkan cukup banyak fans dan customer yang bersedia membeli maupun menonton/membaca produk. Tingkatan ini sangat sulit dicapai jika:

      • genre yang angkat hanya untuk kalangan tertentu.
      • hanya bisa diakses oleh tingkatan umur tertentu (seperti 18th keatas),
      • hanya disukai gender tertentu (yaoi/yuri),
      • memiliki plot cerita yang berat, maupun memerlukan pengertian mengenai dunia anime/manga yang cukup besar (lucky star, paniponi dash)

Oleh sebab itu, mereka harus menyesuaikan dengan mode/trend selera pasar, memberikan plot yang mudah dicerna, tokoh yang dikenal, isi gambar dan cerita untuk segala umur akan memberikan potensi jumlah pembaca yang besar, sehingga bisa menjadi mainstream.

Contoh yang paling mudah disebut sebagai mainstream seperti Bleach, One Piece, Naruto, Dragon Ball.

tags: , , , , , , ,