Perbedaan Hijab, Jilbab dan Kerudung

Friday, May 17th 2013. | Ensiklopedia, Islam

jilbab, kerudung, hijab photo jilbabkerudunghijab_zps83944dd5.jpgDewasa ini, sering kali kita mendengar istilah hijab. Tapi tahukah teman, bahwa definisi orang-orang disekitar kita ini hanya mengerucut pada penutup kepala. Terus bedanya dengan kerudung apa? Bagaimana dengan jilbab? Mungkin penjelasan singkat dibawah ini sedikit membantu :)

HIJAB

Hijab berasal dari kata “hajaban” yang artinya menutupi. Hijab menurut Al Quran artinya penutup secara umum. Suatu ketika, sahabat nabi meminta suatu barang kepada istri Rasul yang berada dibalik hijab. Sehingga dapat diartikan secara umum bahwa hijab bisa berupa tirai pembatas dan sejenisnya. Adapun makna lain dari hijab adalah sesuatu yang menutupi/menghalangi dirinya. Jadi setiap jilbab adalah hijab, tetapi tidak semua jilbab itu berarti hijab.

JILBAB

Jilbab berasal dari bahasa Arab, yang jamaknya “jalaabiib” artinya pakaian yang lapang/luas. Pengertiannya yaitu pakaian yang lapang dan dapat menutup aurat wanita, kecuali muka dan kedua telapak tangan hingga pergelangan saja yang ditampakkan, sesuai dengan yang tertera dalam Al Quran surah Al-Ahzab ayat 59 “… hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”.

Sedangkan menurut terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, jilbab berarti selendang, atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepada, dada dan bagian belakang tubuhnya.

KERUDUNG (KHIMAR)

Kerudung berasal dari bahasa Indonesia, sedangkan dalam bahasa Arab disebut “Khimar” yang artinya tutup/tudung yang menutup kepala, leher, sampai dada wanita. Sekilas kerudung memiliki definisi yang hampir sama dengan jilbab, tetapi dalam kenyataannya tidak sama. Jilbab memiliki arti yang lebih luas, karena jilbab dapat diartikan sebagai busana muslimah yang menjadi satu corak, yaitu busana yang menutup seluruh tubuhnya, mulai dari atas kepala sampai kedua telapak kakinya yang jadi satu (menyatu) tanpa menggunakan kerudung lagi. Sedangkan khimar itu (kerudung) hanya tudung yang menutupi kepala hingga dada saja.

Dari berbagai sumber

 

tags: , , , , , , , , , , , ,