Sejarah Cokelat

Saturday, March 17th 2012. | Ensiklopedia

Siapa yang tak kenal dengan si manis cokelat?
Cokelat adalah sebutan makanan yang dihasilkan dari pengolahan biji Kakao (Theobroma cacao). Tanaman ini diperkirakan awalnya tumbuh di kawasan Amazon Utara hingga Amerika Tengah.


Dokumentasi paling awal tentang penggunaan dan konsumsi cokelat ditemukan di Honduras dan kemungkinan berasal dari 1400-1100 SM. Kemungkinan besar pada masa itu, cokelat tidak dikonsumsi sebagai makanan melainkan sebagai minuman dan sumber gula untuk minuman keras.

Suku Maya, Toltec dan suku Aztec menjadikan biji kakao sebagai mata uang. Pada awal abad 17, cokelat mulai menjadi minuman yang populer di Eropa. Dan barulah pada pertengahan abad 19, cokelat padat ditemukan.

Orang Eropa selanjutnya mencoba untuk menemukan kombinasi baru untuk cokelat, yaitu dengan mencampurkan vanila, kayu manis, cengkeh, gula atau susu.

Hingga sekarang, cokelat menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Semakin berkembangnya jaman, cokelat dijadikan bingkisan untuk kesempatan istimewa seperti hari raya atau sebagai ungkapan terima kasih, simpati, perhatian maupun kasih sayang.

tags: , ,