Tips Cepat Mengingat Nama dan Wajah Baru

Monday, December 9th 2013. | Tips & Trik

 photo negotiation2_zps53d501a8.jpgBertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru adalah aktivitas yang sudah biasa kita lakukan. Namun tidak jarang ketika Anda selesai bersalaman dengan orang yang baru dikenal, sesaat setelah itu Anda telah lupa siapa namanya. Berikut adalah 5 Cara Mudah Mengingat Nama dan Wajah Baru:

1. Pastikan Anda mendengar nama orang tersebut dengan jelas

Tidak jarang orang memperkenalkan diri dengan suara pelan. Mulai sekarang pastikan Anda mendengar nama orang tersebut dengan jelas, jika tidak mendengar apa yang disebutkannya dengan jelas, tanyakan saja kembali namanya.

2. Gunakan nama orang yang baru dikenal tersebut pada awal-awal Anda memulai percakapan

Mengulang kembali nama orang yang baru Anda kenal pada awal-awal percakapan akan sangat membantu melekatkan nama tersebut di otak. Contoh: “ Mas Tono sekarang bekerja dimana?”

3. Menganggap orang baru tersebut mengingatkan Anda dengan seseorang

Anda mungkin pernah merasa, si A yang baru dikenal mirip dengan teman lama sewaktu SMA, si B mirip dengan mantan pacar Anda. Gunakan cara ini untuk me-recall ingatan Anda tentang nama orang yang berkenalan dengan Anda. Suatu saat jika bertemu lagi, cara ini akan sangat membantu Anda. Contoh nama yang baru Anda kenal adalah Eko, Anda dapat membayangkan wajahnya berganti dengan pelawak Eko Patrio.

4. Menghubungkan dengan aktifitas rutin atau pekerjaan yang bersangkutan

Ingat nama seseorang yang Anda kenal lalu coba buat cerita atau hubungkan dengan pekerjaannya. Contoh : nama orang tersebut Sally dan pekerjaannya sebagai sales. Setelah Anda berkenalan dengannya coba hubungkan antara nama sally dan sales. Pertama Anda ganti dulu nama sally dengan dengan sebuah kata/benda dengan kesamaan bunyi, seperti sally Anda ganti dengan “sale”, lalu Anda bayangkan seorang sales menjual pisang sale dan bunga lily

5. Hubungkan nama dengan wajahnya

Nah, ini dia cara yang menurut saya paling ampuh, karena dengan metode ini Anda mampu mengingat wajah dan nama orang dengan cepat dalam jumlah yang banyak. Caranya adalah membayangkan suatu bagian wajah seseorang yang terlihat paling unik seperti jidad yang lebar, hidung yang pesek, telinga yang aneh dan lainnya dengan nama orang tersebut yang telah Anda ganti namanya dengan bunyian kata yang lebih familiar ataupun Anda juga bisa menghubungkannya dengan postur tubuh, gaya bicara ataupun gaya jalan orang tersebut. Makin lucu ceritanya, makin mudah mengingatnya.

Source: kompasiana.com

tags: , , , , ,