Vitamin yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Wednesday, January 4th 2012. | Kesehatan

Daya ingat seseorang bisa mengalami penurunan karena berbagai hal, salah satunya faktor usia. Namun sifat pelupa yang menandakan penurunan fungsi memori di otak bisa dicegah dengan beberapa vitamin dan nutrisi penting lainnya.

Asam lemak omega 3, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi mental dan daya ingat khususnya pada lanjut usia atau lansia. Sebuah penelitian terbaru telah membuktikannya.

Asam lemak omega 3 adalah penting karena asam lemak sangat penting untuk metabolisme normal dan tidak dapat disintesis oleh tubuh.

Vitamin B adalah kelompok vitamin yang larut air yang memainkan peran penting dalam metabolisme sel.

Vitamin C adalah vitamin larut air yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal.

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Kalsium dan fosfat adalah dua mineral yang penting untuk pembentukan tulang normal. Vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak yang menghentikan produksi spesies oksigen reaktif yang terbentuk ketika lemak mengalami oksidasi.

Kadar asam lemak omega 3 dalam darah terkait dengan fungsi kognitif yang lebih baik dan pembuluh darah di otak yang sehat. Asam lemak omega 3 menunjukkan bahwa lemak dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan cara yang berbeda.

Sedangkan kadar lemak trans yang lebih tinggi dalam darah, secara signifikan terkait dengan kemampuan mental yang terganggu dan volume otak lebih kecil. Konsumsi lemak trans juga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dengan meningkatkan tingkat kolesterol LDL dan menurunkan kadar kolesterol HDL.

Hasil penelitian ini tidak dapat untuk menentukan apakah mengonsumsi suplemen nutrisi akan mengurangi risiko demensia. Namun, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan sehat, seperti ikan, buah-buahan, sayuran, dan menjauhi lemak trans.

Sumber: Detik Health

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,